Sabtu, 07 Juni 2014

Keindaha Wana Wisata Curug Layung



Gambaran Mengenai Kawasan Wisata Curug Layung
Curug layung berada pada ketinggian 1.400 meter diatas permukaan laut, sehingga hawa dan udara di kawasan wisata tersebut sangat sejuk dan memiliki pemandangan yang sangat indah. Curug ini masih belum terlalu banyak dikunjungi wisatawan. Kebanyakan pengunjung yang datang kesini adalah para remaja atau muda mudi yang suka hiking. Ini disebabkan karena akses jalan menuju lokasi yang cukup menantang.
Bagi para pecinta aktivitas di ruang terbuka serta dekat dengan alam, kawasan air terjun yang eksotis ini patut untuk dipertimbangkan menjadi destinasi wisata untuk mengisi liburan. Apalagi tidak sedikit aktivitas yang dapat dilakukan di tempat wisata yang satu ini.




Wana wisata Curug Layung ini terbilang masih baru. Pihak perhutani sebagai pemilik lahan di area Curug Layung memang baru membuka destinasi wisata ini pada tahun 2012 lalu. Sebelumnya tempat yang indah ini tertutup untuk umum dikarenakan lokasinya termasuk wilayah untuk latihan Komando Pasukan Khusus atau Kopassus.
Berbeda dengan trek menuju Curug Cimahi, untuk mencapai tempat wisata Curug Layung terbilang lebih landai. Sehingga cocok bagi pengunjung yang suka hiking dan dapat ditempuh oleh anak-anak usia balita hingga hingga lanjut usia.





Menurut Kepala Resort Pemangkuan Hutan (KRPH) Wilayah Cisarua, Eem Sulaeman, kawasan Curug Layung ini mulai bisa dikunjungi oleh umum pada lebaran 2012 lalu. Dengan luas area sekitar 11,6 hektare cocok untuk dijadikan sebagai kawasan untuk camping ground, dengan membayar tiket hanya sekitar Rp5.000 per orang apabila hanya ingin berwisata di kawasan wisata Curug Layung ini, sedangkan apabila ingin melakukan kegiatan perkemahan, para pengunjung dikenakan biaya Rp10.000/orang.




Untuk dapat menampunng para pecinta alam dan juga para pengujung yang suka kemping, pihak pengelola telah menyediakan beberapa blok hamparan. Kapasitasya sendiri dapat menampung sampai 2.000 orang dengan luas area sekitar 100 meter persegi. Di kawasan Curug Layung juga terdapat sekitar 23 lapak yang dapat dipakai pengunjung untuk berkemah.




            Lokasi curug layung ini tepatnya berada di Jalan Kolonel Masturi Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat Provinsi Jawa Barat. Curug Layung ini berjarak hanya sekitar 2,5 km dari Curug Cimahi. Keindahan Curug Layung dapat dilihat setelah pengunjung berjalan kaki sekitar 500 meter dari pos tiket.
            Karena lokasinya yang berada di wilayah kaki gunung Tangkuban Perahu, mata kita akan dimanjakan dengan hijaunya hutan dari segala penjuru mata angin. Hal lain yang bisa kita dapatkan dengan berkemah di kawasan wisata Curug Layung ini adalah panorama alam yang indah di sekitar perkebunan teh Sukawana. Di sebelah utara, mata pengunjung dapat memandang luas hutan alami Gunung Tangkuban Perahu. Di sebelah barat, terlihat jelas pemanangan gunung burangrang. Sedangkan di sebelah selatan pemandangan akan terarah pada view kota Bandung Raya yang bentuknya berupa cekungan.
Selain pemandangan yang indah, udara yang sejuk, dan pesona alam yang asri, memang tidak ada yang cukup istimewa di Curug Layung ini. Soalnya, air terjun atau curug layung sendiri tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 4 meter saja. Hanya saja tepat di bawah air terjun itu ada kolam yang berukuran cukup luas dan cukup dalam untuk berenang. Dan enak nya lagi, air kolam tersebut merupakan hulu sungai Cimahi yang masih sangat jernih. Tidak hanya itu, jika sedang beruntung, para pengunjung juga dapat berinterkasi dengan beberapa hewan liar dan memberi mereka makan berang-berang ataupun kera ekor panjang yang masih cukup banyak terdapat di daerah sana. Namun jangan khawatir karena disini tidak ada hewan buas, sehingga aman untuk anda kunjungi. Hal ini dikarenakan di sekitar Curug Layung merupakan area tempat latihan kopassus yang hampir setiap hari ada suara letusan yang membuat beberapa hewan buas seperti macan tumbang dan juga macan tutul menjauh.
Curug Layung memiliki  pemandangan yang masih sangat alami. Kondisi airnya yang jernih membuat pengunjung tidak akan tahan untuk mencoba berenang disana. Hamparan pepohonan serta tanaman palawija yang hijau betul-betul bisa memanjakan mata siapapun yang memandangnya.





            Untuk dapat masuk ke tempat ini, dari arah Curug Cimahi (Ciwangun Indah Camp), terus ke arah barat, Jl.Kolonel Masturi. Selanjutnya masuk ke jalan Komando yang mau ke Situ Lembang,
Untuk masuk ke lokasi Curug Layung ini bisa diakses melalui jalan Cihanjuang Cimahi, terus ke arah utara melewati Curug Cimahi, Curug Tilu, dan beberapa objek wisata yang terdapat di kawasan Cisarua Lembang.
Apabila menggunakan kendaraan umum, anda dapat menaiki angkot jurusan Cisarua dari terminal pasar atas Cimahi, kemudian turun di gerbang depan Komando, lalu dapat melanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek atau berjalan kaki sekitar 7 km.


Dikarenakan masih terbilang cukup baru, di tempat wisata Curug Layung belum mempunyai fasilitas penunjang seperti tempat parkir yang luas, namun fasilitas lainnya seperti kamar mandi yang ada sudah cukup memadai.
Untuk memenuhi kebutuhan makan para pengunjung juga disana sudah terdapat warung-warung makan sederhana.

Pelayanan yang diberikan pengelola sangat bagus karena para pengelola selalu stand by di pos tiket dan siap membantu para pengunjung apabila ada pengunjung yang membutuhkan bantuan.
           

1 komentar: